Thursday, September 13, 2012

NLP: Kisah Batu Ajaib

Ada seorang pemuda yang suka membaca. Pada suatu hari dia membaca sebuah kitab lama. Di dalam kitab itu menceritakan tentang sebuah pantai yang mempunyai seketul batu hidup yang boleh mengubah benda menjadi emas.

Setelah mempelajari isi kitab dan memahami selok-belok batu tersebut, pemuda itu pun berangkat menuju ke pantai yang diterangkan.

Diceritakan dalam kitab itu bahawa batu ajaib itu agak panas bila dipegang seperti menyentuh makhluk yang hidup.

Setiap hari pemuda itu memungut batu, merasakan suhu batu tersebut lalu membuangnya ke dalam laut setelah yakin batu itu sejuk. Dari seketul batu, dua ketul batu, tiga ketul batu dan hinggalah beribu-ribu ketul batu dipungut dan dilemparkannya kembali ke dalam laut. Dari satu hari, satu minggu, satu bulan hinggalah setahun dia berada di pantai itu. Mengenggam dan membuang batu telah menjadi kebiasaannya.

Pada suatu hari, batu yang dicari itu tergenggam di dalam tangannya. Namun karena dia telah terbiasa membuang batu ke laut, maka batu ajaib itu pun dibalingnya ke dalam laut. Pemuda itu melanjutkan "permainannya", memungut dan membuang batu. Dia lupa apa yang sedang dicarinya.

* Bila hidup ini cuma suatu rutin yang membosankan, kita hilang kesempatan untuk menemukan nilai baru dalam kehidupan. Pada awalnya kitalah yang menciptakan kebiasaan. Lama-kelamaan, kebiasaanlah yang menentukan tingkah laku kita.

P/S: Kalau kebiasaan berfacebook, lama-lama berfacebook itu menjadi tabiat kita.

Sumber: Internet

No comments:

Post a Comment